on . Hits: 55

PA sendawar lakukan penandatanganan MoU Layanan Terpadu bersama pemkab dan kemenag kubar

Sendawar, Jumat, 8 April 2022. Bertempat di lantai III ruang rapat Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, dilaksanakan acara penandatanganan Memory of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Pemkab Kutai Barat melaui Dinas Kependudikan dan Pencatatan Sipil, Pengadilan Agama Sendawar, dan Kementrian Agama Kutai Barat.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 wita ini dihadiri oleh Bupati Kutai Barat, Fx Yapan dan Asisten I Faustinus Syaidirahman,  serta Kadis Disdukcapil Kutai Barat Abimael bersama jajarannya. Adapun PA Sendawar dihadiri langsung oleh Ketua PA sendawar, Samsul Bahri dan didampingi oleh Panitera Jamaludin serta Panmud Hukum Suhaimi Rahman. Sedangkan Kementrian Agama Kutai Barat dihadiri oleh Kasi Bimas Islam H. Ikran dan Kasi Pendis H. Ardiasnyah.

Acara diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh H. Ikran dan dilanjutkan dengan sambutan Asisten I Pemkab Kubar selaku Ketua penyelenggara yangt dalam sambutannya menyampaikan ada 42 ribu lebih perkawinan belum tercatat. Sehingga perlu adanya kerjasama antar instansi terkait untuk dapat menuntaskan masalah administrasi kependudukan dan acara penandatanganan MoU hari ini merupakan langkah maju untuk menuntaskan persoalan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Ketua PA Sendawar menyampakan pendantangan MoU hari ini merupakan komitmen bersama untuk memberi pelayanan terpadu terkait administrasi dan identitas hukum bagi masyarkat Kutai Barat sebagaimana diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2015

“Berdasarkan data, ada 2 juta pasangan di Indonesia yag perkawinannya tidak dicatakan sehingga bepengaruh dengan administrasi kependudukan dan layanan hukum masyarakat. Sehingga masyarakat perlu mendapat edukasi dan pelayanan demi terlindunginya kepentingan hukum masyarakat”, ujar Samsul.

Lebih lanjut Samsul menawarkan nama bagi layanan terpadu ini dengan nama Lentera Kubar dengan harapan masyarakat mendapakan titik terang dalam hal pelayanan hukum.

Senada dengan apa yang disampaikan Ketua PA Sendawar, Bupati Kutai Barat, FX Yapan dalam sambutannya menyampaikan dalam hal identitas hukum di indonesia dan khususnya di Kutai Barat ini, antara jumlah penduduk tidak seimbang dengan jumlah yang tercatat dalam perkawinan, sehingga perlu adanya pelayanan terpadu terkait identitas hukum agar semua masyarakat mendapat perlindungan dan layanan hukum dan itu dapat diwujudkan melalui kerjasama antara instansi berwenang melalui penandatanganan MoU pada hari ini.

“Penandatanganan MoU ini merupakan inisiatif tiga instansi, yaitu Disdukcapil, PA Sendawar, dan Kementrian Agama Kutai Barat”, kata orang nomor satu di Kutai Barat ini.

“Dan kegiatan pelayanan terpadu ini diharapkan dapat mengatasi persoalan identitas hukum yang menjadi tuntutan masyarakat, khusunya di Kutai Barat ini.

Diakhir sambutan, Bupati berharap program ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah yang jauh dan sulit serta tidak mampu secara financial.

Acara penandatangan MoU ini berakhir pukul 11.00 Wita yang ditutup dengaan sesi foto bersama antara pimpinan tiga instansi dan Bupati Kutai Barat. (SHM)

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sendawar

 

Jalan Pattimura, RT 029, Komplek Islamic Center

Kab. Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur

Telp: 0545-4046824 Kode Pos. 75775

  0822 5355 1790

E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

      maps1 Lokasi Kantor