on . Hits: 58

Rapat Koordinasi terkait Layanan Sidang Terpadu antara PA Sendawar, Pemkab Mahulu dan Kemenag

SendawarKamis, 14 Juli 2022, Bertempat di Ruang rapat Kantor Bappelitbangda Pemkab Mahakam Ulu, pukul 09.00 WITA, Ketua PA Sendawar  Samsul Bahri, SHI, beserta Tim Verifikasi Sidang Terpadu menghadiri rapat koordinasi persiapan pelayanan terpadu dalam rangka penerbitan akta perkawinan, buku nikah dan akta kelahiran. Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka tindak lanjut terhadap penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan PKS beberapa waktu yang lalu.

Acara rapat koordinasi tersebut  dibuka oleh Sektetaris Daerah Mahakam Ulu Dr. Sthepanus Madang, S.Sos, MM, dan dihadiri pula oleh Asisten I, drg. Teguh Santoso, M.Adm, Kes, Kepala Kementrian Agama Mahakam Ulu Longginus, S.S.,Kabag Kesejahteraan  Rakyat, Kresensius Charles, S.Pd, perwakilan dari Disdukcapil, Kepala KUA Long Bangun, Sunarso serta perwakilan dari Dewan Adat Mahakam Ulu, Johan.

Dalam arahannya, Sethepanus sangat mengharapkan terwujudnya sinergitas antara Pengadilan Agama Sendawar, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mahulu dan Kementerian Agama Mahulu dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat Mahulu terkait pemenuhan hak-hak sipil. “Saya berharap dengan adanya kerjasama ini, warga Mahulu mendapatkan pelayanan yang mudah terkait pemenuhan hak-hak sipil dan kepastian hukum”, kata Sthepanus.

Selain itu Sthepanus juga berharap agar dilalukan pendataan terhadap masyarakat yang belum mendapatkan layanan hukum terkait hak-hak sipil diantaranya masyarakat yang masih menikah tidak tercatan (nikah sirri)

“ Saya amanatkan kepada Kemenag dan Disdukcapil untuk melakukan pendataan terhadap masyarakat yang pernikahannya belum tercatat agar Pengadilan Agama dapat memberikan pelayayan maksimal", lanjut Sthepanus.

Acara yang dipandu oleh Kepala Kemenag, Longginustersebut dilanjutkan dengan pemaparan terkait layanan sidang terpadu yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Sendawar, Samsul Bahri, S.H.I. Dalam paparannya, Samsul menyampaikan bahwa pelayanan sidang terpadu sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum bagi perkawinan masyarakat yang tidak tercatat baik di KUA maupun di Disdukcapil. Pengadilan Agama sesuai dengan kewenangannya siap memberikan layanan bagi masyarakat Kutai Barat. “Dengan adanya layanan sidang terpadu, kita berharap pernikahan siri dapat dicatatkan agar masyarakat memperoleh kepastian hukum dan terhindar dari akibat-akibat yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri”, ujar Samsul. Selanjutnya Samsul menambahkan, bahwa pernikahan yang tidak dicatatkan baik di KUA maupun Disdukcapil berdampak pada ketidakpastian hukum dan pemenuhan hak-hak masyarakat seperti masalah kewarisan dan sebagainya.

Usai pemaparan dari Ketua Pengadilan Agama Sendawar, Asisten I, Teguh Santoso langsung menyampaikan dihadapanforum, akan melakukan pertemuan dengan OPD terkait untuk membahas tekhnis layanan terpadu. Bahkan Teguh pun sudah mengusulkan nama untuk layanan terpadu ini sebagai sebuah inovasi.

“ Saya usul, layanan terpadu ini kita beri nama SipAg Regu JuniOrMU, akronim dari Sidang terpadu Pengadilan Agama Reguler Juni Oktober Mahakam Ulu", ujar Teguh.

“ Jadi sidang terpadu nantinya akan kita jadikan program reguler yang diagendakan dua kali dalan setahun, yaitu bulan Juni dan Oktober", lanjut Teguh.

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi dan persamaan persepsi. Perwakilan dari Dewan Adat, KUA dan Disdukcapil.memberikan tanggapan positif sekaligus mendukung program layanan terpadu tersebut dengan memberikan layanan sesuai kewenangannya yaitu mencatatkan pernikahan bagi masyarakat

“Kami siap dan mendukung rencana ini sesuai dengan kewenangan kami. Bahkan jika perlu layanan terpadu dilakukan di tiap Kecamatan”, kata Sunarso selaku Kepala KUA Long Bagun.

Setelah semua pihak mencapai kesepakatan tentang pentingnya layanan terpadu bagi masyarakat Mahakam Ulu, rapat koordinasi tersebut ditutup pada pukul 12.00 WITA dan diakhir acara, Sekda Mahulu, Sthepanus Madangmengharapkan pertemuan hari ini agar segera ditindaklanjuti OPD tekhnis yang terkait dengan program layanan terpadu bagi masyarakat Mahakam Ulu. (SHM)

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sendawar

 

Jalan Pattimura, RT 029, Komplek Islamic Center

Kab. Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur

Telp: 0545-4046824 Kode Pos. 75775

  0822 5355 1790

E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

      maps1 Lokasi Kantor