on . Hits: 40

Tekan Angka Pernikahan Anak Di Bawah Umur, PA Sendawar Tandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Bersama Dengan Dinas Kesehatan Kabuaten Kutai Barat

 

 

Sendawar- Pada hari Selasa, 14 Juni 2022, bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat, telah diselenggarakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) mengenai layanan pemeriksaan  kesehatan anak dalam perkara permohonan dispensasi kawin dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat, menindaklanjuti Surat Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama Nomor 2449/DjA/HM.00/4/2022 mengenai Koordinasi dan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kesehatan. Turut hadir dalam Kegiatan penandatanganan perjanjian ini, Ketua PA Sendawar, Bapak Samsul Bahri, S.H.I., bersama Panitera, Bapak Jamaludin, S.H. dan staf Kepaniteraan, Kepala Dinas Kesehatan Kutai Barat, Ibu Dr. Ritawati Sinaga, M.Si. bersama Sekretaris dan Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat dalam sambutannya menjelaskan, “pentingnya edukasi kesehatan reproduksi anak usia di bawah 19 (sembilan belas) tahun, mengingat pada usia tersebut belum siap untuk dibuahi dan melahirkan. Diharapkan dengan adanya perjanjian kerjasama ini, jumlah pernikahan anak usia di bawah 19 (sembilan belas) tahun di Kabupaten Kutai Barat  dapat menurun dan melahirkan penerus bangsa yang lebih baik demi hari esok yang lebih baik”. Ucap Ibu Ritawati.

Ketua PA Sendawar, Bapak Samsul Bahri, S.H.I. dalam sambutannya juga menyampaikan, “dampak pernikahan di bawah umur yang menyumbang angka kematian ibu dan anak di Indonesia, organ reproduksi belum siap untuk melahirkan, Mahkamah Agung menjawab akan masalah itu dengan mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 5 Tahun 2019 tentang pedoman mengadili dispensasi kawin, dari peraturan itu pengetatan dimulai, hakim sudah diberikan tugas tambahan, hakim tidak serta merta memeriksa perkara itu, tetapi hakim harus mempertimbangkan dari berbagai aspek, seperti pendidikan, psikologis, organ reproduksi, sosial, ekonomi, yang tercantum di dalam Pasal 12 ayat (2), khususnya 12 ayat (2) huruf c mengenai pertimbangan dari aspek organ reproduksi, inilah yang melatarbelakangi Mahkamah Agung bersurat kepada Kemenkes untuk setiap satuan kerja pengadilan untuk berkoordinasi dengan dinas kesehatan di daerah masing- masing, hal tersebut yang melatarbelakangi adanya perjanjian kerja sama ini” ucap Bapak Samsul.

Acara dilanjutkan langsung dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dengan surat Perjanjian Kerjasama Nomor W17-A12/0583/HM.01.1/VI/2022 tanggal 14 Juni 2022 antara Ketua PA Sendawar, Bapak Samsul Bahri, S.H.I. dengan Kepala Dinkes Kutai Barat, Ibu Dr. Ritawati Sinaga, M.Si.

Dalam perjanjian tersebut disepakati tentang:

Penyuluhan / Edukasi pada remaja guna mencegah pernikahan sebelum usia perkawinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

Pendampingan kesehatan oleh Dinkes Kabupaten Kutai Barat kepada calon pengantin yang mengajukan dispensasi nikah di PA Sendawar.

Acara berjalan dengan lancar dan kemudian diakhiri dengan foto bersama. Semoga dengan adanya kerjasama ini PA Sendawar dan Dinkes Kutai Barat mampu menekan pernikahan anak dibawah umur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Kutai Barat. (pnc)

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sendawar

 

Jalan Pattimura, RT 029, Komplek Islamic Center

Kab. Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur

Telp: 0545-4046824 Kode Pos. 75775

  0822 5355 1790

E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

      maps1 Lokasi Kantor